Berbagai Manfaat Cuka yang Mungkin Anda Tidak Tahu


Rasanya yang asam sehingga biasanya digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan bukan berarti fungsi dari cuka hanya berhenti sampai situ saja. Ternyata, cuka punya banyak manfaat yang bahkan mungkin Anda sendiri belum pernah mengetahuinya. Bagi sebagian orang, ketika menyentuh sabun atau pembersih akan membuat tangannya menjadi panas atau kasar. Karena itu, mereka mencoba mencari pembersih alternatif yang bisa digunakan untuk membersihkan namun masih tetap aman untuk kulit. Nah, ternyata salah satunya adalah cuka yang biasa kita gunakan untuk makan. Bahan-bahan alami selain mudah ditemukan karena kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, ternyata juga lebih aman untuk kulit kita. Tidak kalah dengan pembersih yang biasa dijual di toko, kemampuan cuka untuk membersihkan noda juga tidak perlu diragukan lagi. Kira-kira apa saja yang bisa dibersihkan oleh cuka? Cek selengkapnya di bawah ini!

Lantai Kayu

Memiliki rumah yang alami tentu akan membuat suasana jadi lebih menyenangkan karena memberikan ketenangan. Salah satu cara untuk membuat rumah untuk memberikan kesan yang alami adalah dengan menggunakan lantai kayu. Namun, sayangnya lantai kayu cenderung lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan lantai ubin. Tenang saja, ternyata cuka putih bisa digunakan untuk membersihkan lantai kayu. Caranya juga cukup mudah, dengan mencampurkan cuka putih dengan air hangat. Hanya memerlukan satu cangkir cuka putih yang dituangkan pada satu ember air hangat saja. Jangan lupa juga untuk mencampurkan finishing wax yang digunakan khusus untuk membersihkan lantai kayu pada campuran tersebut.

Oven dan Kompor

Keberadaan kompor gas atau oven sangat penting di dapur karena makanan tidak akan matang dengan sempurna tanpa adanya mereka. Karena itu Anda perlu memperhatikan kualitas dari kedua benda tersebut. Jika terjadi kerusakan, maka segera hubungi ahli servis kompor gas agar cepat diperbaiki. Ketika memasak, sangat wajar jika berbagai peralatan yang digunakan ketumpahan minyak maupun bahan makanan yang lain. Jika dibiarkan terus-menerus, maka noda tersebut akan menempel dan sulit untuk dibersihkan. Membersihkan dengan sabun saja tidak ampuh, karena itu Anda membutuhkan cuka untuk membantu menghilangkannya. Tuang beberapa tetes cuka pada spons basah dan mulai bersihkan bagian oven atau kompor yang kotor.

Pembersih Jendela dan Kaca

Ada beberapa benda di rumah yang sangat sulit dibersihkan karena noda atau kotoran sudah menempel sejak lama. Salah satunya adalah kaca jendela yang merupakan tempat menempelnya debu, kotoran, percikan air, dan lain-lain. Apalagi jika tidak dengan rutin dibersihkan, maka tidak akan hilang jika dibersihkan dengan pembersih biasa. Namun tenang saja, ternyata campuran cuka, lemon, dan air mampu untuk menghapus kotoran membandel di jendela. Caranya juga mudah sekali, tinggal buat campuran dari ketiga benda tersebut dan mulai bersihkan.

Melawan Jamur, Kuman, dan Bakteri

Kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling kotor di dalam rumah. Ada banyak bakteri, kuman, dan jamur penyebab penyakit yang tinggal di sana. Untuk menjaga agar anggota keluarga tetap dalam kondisi yang sehat, maka Anda harus rutin membersihkan bagian rumah agar Anda tidak terkontaminasi oleh kuman penyebab penyakit. Salah satu caranya adalah dengan pembersihan ekstra! Setelah dibersihkan dengan sabun pembersih biasa, tuang cuka putih ke kloset ataupun wastafel, kemudian biarkan semalaman. Keesokan paginya, siram dengan air dan kamar mandi Anda jadi lebih bersih dan bebas dari kuman penyebab penyakit!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A5602166269A

Label

Recent Posts