Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beri Susu Bayi dengan Susu Formula


Memberikan susu terbaik pada bayi tentunya adalah hal yang wajib dilakukan semua orang tua. Sebagian orang mungkin memilih ASI sebagai pilihan utama susu bayi mereka. Namun, sebagian yang lain karena berbagai alasan tak bisa melakukannya. Nah, bila Anda termasuk golongan kedua, sebelum berikan susu formula, pertimbangkan dulu beberapa hal ini.

Merek Susu Mana yang Dipilih?

Jika Anda pergi ke supermarket atau toko-toko penjual susu formula khusus bayi, mungkin Anda akan bingung produk susu yang apa yang harus Anda pilih. Sebab, ada banyak sekali merek susu yang bisa Anda pilih.

Sunguh variatif mulai dari berbeda brand, berbeda rasa, berbeda target umur dan lainnya. Untuk memilihnya, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. Misalnya, jika bayi Anda penderita alergi, berikan yang cocok untuk alerginya dan beberapa kasus lainnya.

Mengapa Susu Sapi Tidak Dianjurkan untuk Diberikan pada Bayi?

Dalam kondisi apapun, pemberian susu sapi kepada bayi terutama bayi yang baru lahir sangatlah tidak dianjurkan. Susu sapi baru boleh diberikan pada bayi jika sudah mencapai usia minimal satu tahun. Kenapa? Sebab, susu sapi biasanya tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan bayi layaknya pada ASI ataupun susu formula.

Jika Sudah Berusia Satu Tahun, Harus Diberi Susu Formula Lanjutan?

Susu formula biasanya diberikan sampai anak berusia lima hingga enam tahun. Namun, biasanya, susu formula juga sudah diberikan dari usia 4 hingga 12 bulan. Pada saat-saat itu, bayi sudah mulai makan makanan padat. Meski mereka sudah memakan makanan padat, maka mereka tetap harus mengonsumsi susu formula.

Kenapa? Makan makanan padat belum tentu mengandung nutrisi yang diperlukan mereka. Nutrisi yang diperlukan bayi itu sangat banyak. Sebut saja kalsium, zat besi, protein, seng, dan berbagai vitamin serta kalori. Semua nutrisi ini ada dalam susu formula bayi. Meski kebanyakan bayi tidak butuh susu formula lanjutan, namun ada baiknya tetap diberikan.

Keputusan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. Ada bayi yang tak menyukai susu tapi lebih senang makan. Ada juga yang sebaliknya. Maka, sebelum memutuskan untuk memberikan bayi Anda susu formula lanjutan, Anda bisa memperhatikan kebutuhan mereka dengan teliti.

Bisakah Mengkombinasikan Susu Formula dan ASI?

Jika ada pertanyaan seperti ini, jawabannya sebenarnya bisa iya, bisa juga tidak. Pemberian susu formula dicampur dengan ASI sebenarnya boleh saja. Tidak ada yang melarang. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Misalnya, jangan berikan susu formula lebih dari satu botol dalam 24 jam karena akan membuat produksi ASI menurun.

Pemberian susu formula yang dicampur dengan ASI sebaiknya juga tidak dicampur secara langsung. Sebab, masa susunya berbeda untuk tiap jenisnya. Misalnya saja untuk susu formula, akan lebih cepat basi ketimbang ASI. Selain itu, susu formula juga lebih mudah terpapar bakteri dibanding ASI. Jadi, pemberian ASI dan susu formula jangan dicampur langsung.

Bila Anda bingung dengan pilihan Anda dalam menentukan susu bayi formula yang tepat untuk bayi Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa sedikit banyak mendengar saran keluarga yang sudah mempunyai banyak pengalaman.

Nah, bila sudah menemukan yang tepat, Anda bisa memilih mencoba membelinya di Orami.co.id. Toko online ini menyediakan berbagai susu formula yang Anda perlukan untuk kebutuhan buah hati Anda.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A5602166269A

Label

Recent Posts